Sengon Solomon blog Jual Bibit Sengon Solomon, Sengon Solomon kultur, Sengon Solomon Kultur Jaringan

Kegunaan Dan Manfaat Kayu Sengon Solomon Kultur

Di artikel kami Varietas Sengon Terbaru adalah Sengon Solomon, ada beberapa teman bertanya apa saja Kegunaan Dan Manfaat Kayu Sengon Solomon Kultur ini.

Sengon_Solomon_Kultur

Pada dasarnya pohon sengon ini merupakan pohon yang serba guna. Dari mulai daun, batang hingga akarnya dapat dimanfaatkan untuk beragam keperluan. Berikut ini beberapa Kegunaan Dan Manfaat Kayu Solomon Kultur :

1. Daun Sengon Solomon
Daun Sengon Solomon ini, sebagaimana famili Mimosaceae lainnya merupakan pakan ternak yang sangat baik dan mengandung protein tinggi. Jenis ternak seperti sapi, kerbau, dan kambing sangat menyukai daun sengon.

Daun sengon tersusun majemuk menyirip ganda panjang dapat mencapai 40 cm, terdiri dari ± 8 – 15 pasang anak tangkai daun yang berisi ± 15 – 25 helai daun, dengan anak daun kecil-kecil dan mudah rontok. Warna daun sengon hijau pupus, berfungsi untuk memasak makanan dan sekaligus sebagai penyerap nitrogen dan karbon dioksida dari udara bebas.

2. Akar Sengon Solomon
Sistem perakaran sengon banyak mengandung nodul akar sebagai hasil simbiosis dengan bakteri Rhizobium. Hal ini menguntungkan bagi akar dan sekitarnya. Keberadaan nodul akar dapat membantu porositas tanah dan penyediaan unsur nitrogen dalam tanah. Dengan kata lain Pohon Sengon Solomon dapat membuat tanah disekitarnya menjadi lebih subur.

Kalau tanah disekitarnya menjadi lebih subur, maka tanah itu dapat ditanami dengan tanaman palawija sehingga mampu menambah pendapatan petani penggarapnya.

Sengon memiliki akar tunggang yang cukup kuat menembus kedalam tanah, akar rambutnya tidak terlalu besar, tidak rimbun dan tidak menonjol kepermukaan tanah.

3. Bunga Sengon Solomon
Bunga tanaman sengon tersusun dalam bentuk malai berukuran sekitar 0,5 – 1 cm, berwarna putih kekuning-kuningan dan sedikit berbulu. Setiap kuntum bunga mekar terdiri dari bunga jantan dan bunga betina, dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh angin atau serangga.

4. Buah Sengon Solomon
Buah sengon berbentuk polong, pipih, tipis, tidak bersekat-sekat dan panjangnya sekitar 6 – 12 cm. Setiap polong buah berisi 15–30 biji. Bentuk biji mirip perisai kecil, waktu muda berwarna hijau dan jika sudah tua biji akan berubah kuning sampai berwarna coklat kehitaman,agak keras, dan berlilin bibit sengon

5. Benih Sengon Solomon
Pipih, lonjong, 3 – 4 x 6 – 7 mm, warna hijau, bagian tengah coklat. Jumlah benih 40.000 butir/kg. Daya berkecambah rata-rata 80%. Berat 1.000 butir 16 – 26 gram.

6. Kayu Sengon Solomon
Bagian yang memberikan manfaat yang paling besar dari pohon sengon adalah batang kayunya. Dengan harga kayu yang cukup menggiurkan saat ini sengon banyak digunakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk kayu olahan berupa papan papan dengan ukuran tertentu sebagai bahan baku pembuat peti, papan penyekat, pengecoran semen dalam kontruksi, industri korek api, pensil, papan partikel, bahan baku industri pulp kertas dll.

Kayu Sengon Solomon merupakan kayu serba guna untuk konstruksi ringan, kerajinan tangan, kotak cerutu, veneer, kayu lapis, korek api, alat musik, pulp. Sengon Solomon Kultur ini juga bisa ditanam sebagai pohon pelindung, tanaman hias, reboisasi dan penghijauan. Untuk lebih mengenal Sengon Solomon Kultur ini simak artikel kami Mengenal Kayu Sengon Solomon
Suka Kegunaan Dan Manfaat Kayu Sengon Solomon Kultur, dan ingin berlangganan gratis via email artikel seperti Kegunaan Dan Manfaat Kayu Sengon Solomon Kultur, silahkan klik disini atau masukkan email di kolom tersedia untuk mendapatkan artikel yang terbit di Sengon Solomon
0 Komentar untuk "Kegunaan Dan Manfaat Kayu Sengon Solomon Kultur"

Back To Top